Teknologi FTTX

Teknologi FTTX

FTTX (Fiber To The X) merupakan teknologi telekomunikasi menggunakan fiber optik sebagai media transmisi sampai ke (X) dimana variabel X disini menunjukan end point dari kabel optiknya dengan layanan service seperti :

  1. High speed internet service berdasarkan LAN sampai 100M.
  2. High speed internet service berdasarkan ADSL/VDSL sampai 100M
  3. Voice service berdasarkan PSTN dan softswitch
  4. TDM service
  5. IPTV service
  6. CATV service
  7. Mobile Backhaul service.

Teknologi ini diharapkan sebagai Upgrade dari teknologi PSTN yang menggunakan kabel tembaga sebagai media transmisinya. FTTX sendiri memiliki beberapa penamaan yang berbeda berdasarkan lokasi end pointnya seperti:

  1. FTTN (Fiber-To-The Node) : Fiber diterminasikan pada kabinet di jalan hingga beberapa kilometer jauhnya dari tempat pelanggan, sedang koneksi akhir dengan tembaga.
  2. FTTC (Fiber-To-The-Cabinet) atau ke-tepi jalan : ini sangat mirip dengan FTTN, tapi kabinet lebih dekat ke tempat pengguna, biasanya dalam 300 m.
  3. FTTB (Fiber-To-The-Building) atau Fiber-to-the-Basement : serat mencapai batas Gedung, seperti di basement, lalu didistribusikan ke ruangan-ruangan yang dilakukan melalui beberapa alternatif.
  4. FTTH (Fiber-To-The Home) : fiber mencapai ke rumah, diterminasikan pada kotak di dinding luar rumah.
  5. FTTP (Fiber-To-Premises) : sebagai istilah untuk FTTH dan FTTB, atau dimana jaringan fiber meliputi rumah dan usaha kecil.Author : Aditya Perkasa Whira Nugraha – Aslab Teknik 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *