Tutorial MySQL : Cara Akses MySQL Melalui Command Line di XAMPP

Sumber Gambar : bayusapp.com

Database (basis data) yaitu suatu kumpulan data yang disimpan secara sistematis yang terdapat pada komputer dimana data yang tersimpan dapat diolah menggunakan aplikasi (software). Salah satu dari berbagai macam database yang ada adalah MySQL. Untuk mengakses atau masuk ke dalam MySQL dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, yaitu dapat melalui aplikasi web seperti PHPMyAdmin, atau SQLYog berbasis desktop, atau bahkan melalui command line. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara masuk ke dalam MySQL melalui command line. MySQL yang digunakan dalam artikel ini adalah MySQL build in dari XAMPP.

Langkah-langkah akses MySQL melalui Command Line:

  1. Buka XAMPP dan start service MySQL

Langkah awal sebelum masuk ke MySQL melalui Command Line yaitu dengan membuka XAMPP untuk menyalakan service MySQL. Jika service MySQL pada XAMPP belum dijalankan maka tidak bisa masuk ke MySQL. Untuk menyalakan service MySQL dapat melakukan klik button start pada baris MySQL dan tunggu hingga berubah menjadi stop dan terdapat warna hijau pada tulisan MySQL seperti pada gambar dibawah ini:

  1. Pilih shell pada XAMPP

Setelah service MySQL berjalan, langkah berikutnya adalah membuka shell atau command line. Dalam artikel ini menggunakan shell yang terdapat dalam XAMPP. Untuk membuka shell dapat memilih button shell yang terdapat pada bagian kanan XAMPP seperti pada gambar dibawah ini:

  1. Masuk ke MySQL

Langkah terakhir dalam pembahasan ini adalah masuk ke MySQL menggunakan username dan password (jika ada). Perintah dasar yang digunakan untuk masuk ke dalam MySQL adalah: Mysql -u username jika tidak menggunakan password. Namun, jika menggunakan password maka perintahnya adalah: mysql -u username -p. Sebagai contoh pemakaian perintah tersebut tanpa menggunakan password adalah dengan username root, maka perintahnya: mysql -u root. Maka tampilan dari shell atau command line seperti gambar dibawah ini:

Jika menggunakan password maka perintahnya: mysql -u root -p. Untuk penulisan password nanti akan terdapat baris baru setelah perintah tersebut dijalankan. Tidak perlu khawatir jika password yang diketikkan tidak muncul dalam shell atau command line, karena memang seperti itu demi keamaan agar tidak dapat dilihat oleh orang. Sebagai contoh dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

 

Referensi:

https://www.termasmedia.com/lainnya/software/69-pengertian-database.html

https://www.bayusapp.com/cara-akses-mysql-command-line-di-xampp/

 

By:  Bayu Setya Ajie Perdana Putra – Computer Laboratory Assistant

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>