Yuk Kenali Tata Cara Makan yang Benar

Definisi restoran adalah salah satu jenis usaha pangan yang bertempat disebagian atau seluruh bangunan yang permanen dilengkapi dengan peralatan penyimpanan, penyajian dan penjualan. Perkembangan restoran bermula dari pola hidup masyarakat yang biasanya makan dirumah menjadi sebagian waktunya makan diluar disebabkan oleh waktu yang tidak terburu. Restoran sendiri berasal dari bahasa perancis yaitu restorer yang berarti memulihkan, memulihkan rasa lapar menjadi normal.

FNB service adalah bagian yang bertanggung jawab atas pelayanan makanan dan minuman di hotel dengan fungsi yang menyediakan fasilitas untuk makan dan minum dan mempunyai peranan yaitu dengan sumber pendapatan.

Restoran mempunyai jenis-jenisnya, antara lain :

  1. Formal restoran

Restoran yang menawarkan dan menyajikan makanan dengan kualitas nomor 1. Pemasakan dan penyajiannya dilakukan ala perancis ( French service ) atau lebih dikenal dengan flaming dan carving, yakni makanan yang dipesan dimasak langsung dihadapan tamu dengan menggunakan flambe trolley atau gueridon. Pelayanan yang diberikan adalah pelayanan yang formal dan prima ( excellent service )

  1. Coffee shop

Istilah coffee shop berasal dari Amerika serikat ciri pelayanan dan penyajian makanan dilakukan secara cepat. Makanan yang akan disajikan sudah diporsikan dari dapur langsung di atas plate ( ready on the plate ) dan kemudian disajikan kepada tamu yang memesannya

  1. Supper club

Tipe restoran ini umumnya lebih mengutamakan pertunjukan show artis-artis terkenal, baik nasional maupun internasional yang dikontrak pihak hotel sedangkan restoran menjadi fasilitas pelengkap untuk tamu yang ingin menikmati makanan pada tengah malam, dimana harga makanan sudah masuk dalam satu paket dengan harga tiket masuk sebagai catatan supper club banyak juga berdiri sendiri atau yang tidak ada kaitannya dengan manajemen hotel.

  1. Speciality restoran

Restoran ini memiliki karakteristik tersendiri, suasana, interior, eksterior dan makanan yang disajikan serta pakaian seragam mencerminkan ciri daerah atau Negara tertentu.

 

Etika ketika table manner :

  1. Duduk dengan tegak dan jangan bersandar pada kursi.
  2. Saat memegang peralatan makan, kedua siku tidak diletakkan di atas meja.
  3. Makan dengan mulut yang tertutup saat mengunyah makanan.
  4. Berbicara dengan volume suara yang rendah.
  5. Menutup mulut saat batuk atau bersin.
  6. Jangan menimbulkan suara saat mengunyah makanan.
  7. Jangan memainkan makanan dengan peralatan makan.
  8. Selalu meminta ijin ke pemilik acara saat akan meninggalkan meja makan atau saat akan mengangkat telepon.
  9. Letakkan sendok dan garpu searah jam 5 apabila telah selesai makan.
  10. Gunakan tusuk gigi untuk mengambil makanan yang tersisa di dalam mulut.
  11. Usahakan untuk mencicipi semua makanan yang disediakan.
  12. Menambahkan bumbu sebelum mencicipi makanan dianggap kasar dan menghina koki.

Dengan rangkaian mulai dari appetizer, soup, maincourse dan dessert

 

Daftar pustaka

Tata Cara dalam Etika Makan (Table Manner)

 

By : Diyaan Rachmawati – Laboratory Assistant of Hospitality

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>